7 Jajanan Terkenal di Surabaya, Bisa Jadi Oleh-oleh

JAKARTA, KOMPAS.com – Surabaya memiliki deretan jajanan yang wajib untuk dicoba. Dari pentol atau bakso dengan ukuran kecil sampai kue lapis dengan resep kuno.

Ada jajanan dengan rasa manis, gurih, jajanan surabaya dan pedas, hanya perlu disesuaikan dengan selera. Jajanan ini terbilang mudah ditemuka di jalanan Surabaya.

Untuk harga makanan-makanan ini terbilang murah, mulai Rp 5.000 saja. Berikut tujuh jajanan khas Surabaya :

1. Pentol Goli (Goyang Lidah)

Jika Jakarta dan Bandung punya cilok, Surabaya punya pentol. Sebutan pentol mungkin sangat asing di telinga warga ibu kota.

Pentol adalah jajanan yang terbuat dari campuran daging sapi giling, dengan tepung kanji, bumbu seperi bawang merah dan putih serta masih banyak lagi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.Daftarkan email

Baca juga: Tur Sejarah di Hotel Majapahit Surabaya, Tidak Menginap Juga Bisa Ikut

Pentol Goli memiliki tekstur yang empuk dan kenyal, rasa khas dari daging sapi yang gurih sangat terasa saat dikunyah. Pentol memiliki dua varian ada yang kasar dan halus. Untuk pentol yang kasar terdapat campuran urat dan lemak sapi, sehingga teksturnya lebih kenyal dan berserat.

Penjaja pentol terkenal di Surabay adalah Pentol Goli. Di sini juga ditawarkan jajanan lainnya, ada pangsit goreng, tahu baso, siomai. Kamu bisa memilih varian apa yang ingin kamu nikmati. Harga setiap butirnya berkisar Rp 500.

Jika ingin mencoba semua varian kamu bisa memilih untuk mencampur semuanya dan dipadukan dengan saus tomat, kecap dan sambal.

Rasa gurih dari pentol ditambah pedas dari sambal, sedikit asam dari saus tomat dan manis dari kecap menambah ramai cita rasa.

Kamu bisa merapat ke Jalan Cempaka Surabaya di depan Sekolah Mawar Sharon Christian School untuk mencoba pentol nikmat satu ini. Dari kejauhan pengunjung terlihat mengerumuni gerobak Pentol Goli.

Pentol Goli buka dari pukul 8.00-17.00. Disarankan untuk datang lebih pagi agar tidak kehabisan pentolnya.

2. Cakue Peneleh

Di Surabaya terdapat satu toko yang menjual cakue dengan rasa yang nikmat dan tidak pernah sepi pengunjung.

Cakue Peneleh buka sejak 30 tahun lalu, awalnya menawarkan cakwe biasa. Cakue dari toko ini memiliki tekstur yang garing di luar tetapi lembut di dalam. Selain cakue polos, pengunjung juga ditawarkan cakue isi udang yang khas dari Cakue Peneleh.

Cakue isi udanya tidak panjang, namun hanya seukuran jari telunjuk orang dewasa. Cakue dibelah menjadi dua dan ditengahnya diberi adonana udang, tepung, dan sayuran yang sudah dipotong kecil-kecil.

Baca juga: Nasi Goreng Seafood Seharga Rp 1,7 Juta Dijual di Surabaya, Apa Isinya?

Cakue isi disajikan dengan saus tomat bening yang memiliki rasa, asam, sedikit pedas dan segar. Selain cakue pengunjung juga bisa menikmati jajanan lainnya seperti roti manis, ote-ote, aneka kompiang dan masih banyak lagi.

Satu cakue polos dihargai sebesar Rp 5.000 rupiah sedangkan cakue isi Rp 6.000. Cakue Peneleh terletak di Pasar Atum lantai dasar Tahap 3 dan Pakuwon Trade Center lantai UG stand E1-21.

Sampai di depan toko Cakue Peneleh di Pasar Atom kamu harus cekatan untuk memesan cakue atau jajanan. Sebab pengunjung akan terus datang dan mengantre di belakanmu.

Toko cakue ini memperlihatkan proses memasak cakuenya secara langsung. Dapurnya dibatasi dengan kaca sehingga pengunjung bisa melihat bagaimana adonan cakue dibuat hingga digoreng.

3. Pok-pok

Ayam goreng khas Taiwan yang garing dan pipih juga ada di Surabaya. Jajanan ini memiliki tekstur yang garing di luar dan lembut di dalam karena daging ayamnya. Daging ayam yang dipilih adalah bagian daging dada.

Baca juga: Berburu Bebek Goreng di Surabaya, Ini 4 Pilihan Kedai Nasi Bebek

Daging ayam dipipihkan sehingga menjadi sangat tipis lalu dilumuri dengan tepung terigu. Setelah itu dimasak dengan teknik deep fried hingga warnanya menjadi cokelat keemasan.

Setelah itu ayam akan terlihat sangat garing, lalu dipotong-potong dan diberi taburan bumbu perasa. Terdapat rasa bbq, bawang putih, keju, pedas, rumput laut dan masih banyak lagi.

Tidak hanya dada, pengunjung bisa mencoba varian dari cumi, kentang goreng, ayam karage, dan kulit ayam. Pok-pok juga menghadirkan onion ring, mi kremes dan tahu goreng krispi. Untuk harganya dimulai dari Rp 10.000.

Saat ini Pok-pok memiliki banyak cabang di Surabaya, antara lain Food Court Tunjungan Plaza 1 Lt. 5, Surabaya, Pakuwon Trade Center Lt. LG, Surabaya Food Junction Grand Pakuwon, Surabaya, Royal Plaza Lt. 3, Surabaya, Food Court City of Tomorrow, Surabaya dan masih banyak lagi. Jam buka sesuai dengan jam operasional mall.

Leave a Reply

Your email address will not be published.